Template AMP Sukses Diterapakan

Tulisanibnu.com – Masih satu tahun belum genap tulisan ibnu terbentuk dengan segala kekurangan artikel dan sumber daya. Menggunakan template AMP dengan keterbatasan pengetahuan. Mengenal template AMP dari beberapa kawan serta postingan teman kok jadi tertarik menerapkan. Penerapan template AMP sendiri untuk situs berbasis blogspot atau bloger sangat sulit. Bahkan referensinya sangat minim sekali.
Jumlah pembuat template AMP sendiri juga terbatas. Mayoritas template AMP yang mudah di customize harus berbayar dan yang gratis minim sekali kalaupun tersedia ya itu-itu saja.

Penerapan template AMP (Accelerated Mobile Pages) sendiri juga tidak bisa sembarangan apalagi untuk pengguna hosting bloger sangat sulit. Untuk pengguna hosting wordpress katanya sangat mudah dan hanya membutuhkan plug-in AMP.
Lama sekali ibnuwajak mencari template AMP yang cocok di hati dan mudah di customize. Setalah searching sana-sini. Alhamdulillah ketemu template AMP gratisan dari Arlina. Terima Kasih Mbak Arlina. Itu lo situs yang menyediakan aneka template ceria gratis dan berbayar.
Template yang dipakai tulisanibnu bernama Infinite AMP versi gratis. Biar gratis tp mudah diedit dan dimaksimalkan. Penerapan template Infinite AMP by Arlina tak serta merta langsung lolos verifikasi AMP by google AMP test validator. Ibnuwajak harus berjuang melakukan perbaikan sana-sini supaya lolos validator.
Alhamdulillah ibnuwajak sedikit-sedikit pernah belajar tentang HTML. Sekarang tulisanibnu sudah valid AMP sehingga sedikit lebih responsif dibanding tanpa AMP. Patut diketahui semua artikel tulisanibnu sudah valid AMP juga
Blog tulisanibnu valid AMP (Accelerated Mobile Pages)
Ciri-ciri jika situs atau blog valid AMP yaitu ketika teman-teman searching di google search akan muncul tanda petir disamping link situs yang muncul
Perjuangan terberat mengedit template AMP ini pada saat penerapa “script async analytics” kenapa? Karena ketika semua kriteria sudah benar untuk permasalahan ini masih sulit ditanggulangi sehingga harus putar otak. Setelah satu minggu mengamati tentang kesalahan alhamdulillah ketemu juga permasalahannya.
Permasalahan ini terjadi karena kode google Analytics yang double dimana di setelah Blogger tidak perlu diisi, tetapi yang harus diisi yaitu pada template langsung. Banyak ubahan yang sudah diterapkan di Template tulisanibnu.
Contoh Hasil Pencarian Jika Menerapkan Template AMP
Dalam mengedit template infinite AMP ini kesulitan terbesar yaitu memunculkan komentar disqus dengan akun milik kita sendiri. Alhamdulillah permasalahan ini sudah teratasi sehingga teman-teman pengunjung tulisanibnu.com bisa berkomentar.
Jadi penerapan template Accelerated Mobile Pages atau AMP jangan asal comot pasang tetapi lakukan test validator AMP untuk mengetahui apakah sudah Valid AMP apa belum. Semoga pengguna Blogger.com segera menerapkan template AMP di blog masing-masing. Amiin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *